Dalam pembelajaran di kelas tidak
terlepas dari interaksi antara guru
dengan siswa. Tentu saja dalam interaksi itu ada tanya jawab antar siswa dengan
guru. Sering guru harus mengawali
bertanya untuk memancing, agar siswa mau bertanya. Pertanyaan guru sangatlah
penting diajukan yaitu salah satunya mengetahui kedalaman pengetahuan siswa
sebagai prasarat dari materi yang akan dibahas, memancing siswa untuk
mengeluarkan pendapatnya dan lain-lain.
Guru dalam bertanya selama ini masih
banyak yang belum mengarahkan ke pertanyaan yang mengarah atau menggiring siswa
untuk berpikir yang lebih komplek atau berpikir ke tingkat tinggi. Guru selama
ini masih banyak yang bertanya dengan apa, dimana dan lain-lain. Belum banyak
guru yang memberikan pertanyaan kepada siswa dengan bertanyaan yang sebenarnya
menjadi pantangan guru. Guru diharapkan dalam memberikan pertanyaan mestinya
harus pertanyaan yang efektif buat siswa. Adapun pertanyaan yang efektif
mempunyai ciri-ciri yaitu: a) pertanyaan tingkat tinggi tidak hanya sekedar
mengingat, yaitu pertanyaan yang jawabannya memerlukan pemikiran siswa yang
kompleks, b) pertanyaan yang open ended, yaitu pertanyaan yang jawabannya
beragam, c) memungkinkan jawaban yang
bermacam-macam tapi benar, d) pertanyaan yang mengandung beberapa kompetensi
yang dapat diukur sekaligus, e)pertanyaan yang bersifat menghargai semua proses
dalam menyelesaikan masalah itu, sehingga siswa merasa menghargai dan memaknai
semua proses dalam penyelesaiannya.
Jadi sangat penting guru dalam
memberikan pertanyaan hendaknya pertanyaan yang efektif bagi siswa karena akan
membawa siswa menjadi siswa yang kritis, siswa yang kaya akan argumentasi,
inovatif, kreatif. Adapun pertanyaan-pertanyaan yang bersifat tertutup,
pertanyaan yang jawabannya membuat siswa kur atau barengan, karena pertanyaan –pertanyaan
yang demikian tidak membuat siswa untuk kreatif, inovatif, dan kritis bagi
siswa.
Apabila siswa menjawab pertanyaan maka
kita tidak atau bertanya maka kita tidak boleh memberikan label yang negatif
untuk siswa karena akan memutuskan kreatifitas siswa. Kita tidak boleh
menanggapi siswa untuk jawaban atau pertanyaan dengan kata salah, namun berikan
kata anda belum betul, atau msudah mendekati atau belum tepat dsb. Dengan demikian
maka motivasi siswa untuk bertanya akan selalu ada dan tidak mengalami
keputusasaan. Dengan pertanyaan yang efektif dan menghindarkan pertanyaan yang
kurang efektif maka perkembangan siswa akan lebih baik, dari segi pemikiran dan
komunikasi yang akhirnya akan membentuk sikap siswa yang seperti yang
diharapkan.
Dalam keseharian penulis belum dapat
membuat pertanyaan yang efektif bagi siswa, dengan belajar melalui DOL ini akan
berusaha untuk merubah diri dalam pembelajarannya. Insya Allah dengan adanya
DOL membuat penulis berubah dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran di dalam
kelas akan maksimal.
Dalam Diklat On Line ini rangkuman dalam
diskusi yang dapat penulis simpulkan adalah “ para guru peserta DOL selama
bertugas sebagai guru belum melaksanakan atau menggunakan pertanyaan yang
bersifat efektif malah kadang-kadang yang dipantang malah yang sering terjadi,
dan sikap guru yang menghadapi jawaban siswa kadang belum dapat memotivasi
siswa untuk berpendapat atau menjawab pertanyaan guru.
"Artikel ini adalah bagian dari tugas Diklat
Online P4TK Matematika".
By : Margiyati, Rabu, 10 September 2014 jam 09.00
Terimakasih Infonya bos.
BalasHapusPrediksi Skor Bola
Prediksi Skor Terpercaya
Prediksi Bola Online
Prediksi Skor Akurat
Prediksi Agen Bola
Prediksi Skor
Casino & Hotel Maryland Heights - Mapyro
BalasHapusThis casino 대구광역 출장안마 and hotel 안산 출장마사지 is part 안양 출장샵 of an expanded family of hotel complexes, encompassing 1,500 rooms, with 2,100 gaming machines, 40 화성 출장샵 table games and a casino 천안 출장안마